Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

| Lain-lain
Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

Dalam kondisi ini, bayi merasa khawatir ketika tidur berjauhan dengan orang tuanya. Bahkan, ketika dia di boks bayi dan orang tua di ranjang yang tak jauh jaraknya. Kabar baiknya, Bunda enggak perlu pusing mencari cara menidurkan bayi yang terbangun. Kenapa?

Di usia 6 bulan, bayi sudah punya kemampuan untuk menenangkan dirinya sendiri dan belajar kembali memejamkan mata sehingga ibu tak perlu melakukan cara membuat anak bayi tertidur. Namun, tetap saja Bunda mesti terus mengawasi si kecil ya.

Oh iya, penyebab bayi tidur gelisah di malam hari adalah ketika dia merasa enggak nyaman. Jadi, ketika bayi tak berhenti menangis, Bunda bisa mengecek apakah diaper-nya penuh atau ada sesuatu yang bikin si kecil enggak nyaman. Misal, dia lapar atau tubuhnya terasa sakit atau tak nyaman.

Bila si kecil cenderung susah tidur, Bunda bisa mencoba cara membuat anak bayi tidur seperti disampaikan dokter anak, Paul Young, MD. Ada 8 prinsip yang dibagikan Young untuk cara menidurkan bayi, yaitu:

1. Pakai strategi cahaya sebagai cara menidurkan bayi

Elizabeth Pantley, penulis The No-Cry Sleep Solution, mengatakan cahaya bisa menyalakan tombol supaya bayi selalu melek, Bun. Untuk itu, coba gunakan cara membuat anak bayi tidur dengan meredupkan cahaya lampu.

"Suasana gelap memancing otak untuk merilis melatonin, hormon yang bikin seseorang ngantuk. Jaga konsistensi di pagi hari bayi tetap mendapat cahaya dan di malam hari cahaya yang didapat agak redup/ Dengan begitu, dia sudah tahu kapan waktunya tidur. Sehingga, cara membuat bayi tertidur tanpa digendong bisa ibu lakukan," papar Pantley.

2. Tidurkan bayi saat mulai mengantuk

"Misalnya agar bayi tidur nyenyak di siang hari, taruh dia di tempat tidur atau boks ketika dia sudah agak mengantuk. Baiknya, jangan letakkan bayi di tempat tidur saat dia sudah tidur, apalagi terlelap," ujar Young dilansir Baby Centre.

Misalnya skala tidur bayi 1 - 10, Young bilang ketika bayi sudah tertidur di skala 6, Bunda bisa letakkan dia di tempat tidur. Sehingga, cara membuat bayi tertidur tanpa digendong bisa Bunda terapkan.

3. Jangan langsung pergi

Cara menidurkan bayi kembali setelah dia terbangun adalah Bunda jangan langsung pergi dari ruangan. Sabarlah dengan berada di sisi bayi, atau minimal beri tanda bahwa Bunda ada di sisinya. Contoh, dengan menepuk punggungnya atau mengelus kepala bayi.

4. Usahakan tak kontak mata dengan bayi

Penyebab bayi tidur gelisah di malam hari salah satunya dia melakukan kontak mata dengan Bunda ketika dia terbangun. Kata Claire Lerner, senior parenting adviser di Zero to Three, sebenarnya bayi cukup mendapat isyarat dia aman dan ketika dirinya nyaman, bayi bakal tidur lagi kok, Bun.

Sumber : https://www.haibunda.com/parenting/20191030124313-61-64502/6-cara-membuat-anak-bayi-tidur-nyenyak-ibu-baru-mesti-coba


Share
Komentar